Jumat, 20 Januari 2012


 LKS
TEKANAN PADA ZAT CAIR

Nama Kelompok       : _____________________________________________
: _____________________________________________
: _____________________________________________
: _____________________________________________
: _____________________________________________
Judul  Praktikum       : _____________________________________________
Kelas                          : _____________________________________________
Tanggal                      : _____________________________________________
Alokasi Waktu           : _____________________________________________

 


I.       ALAT  DAN  BAHAN
-        Slang plastik transparan yang elastis ± 1 m
-        Corong 1 buah
-        Wadah air / beker glass 1 buah
-        Karet penutup
-        Spidol
-        Bejana berhubungan 1 buah
-        Minyak goreng secukupnya.
-        Air secukupnya
-        Balok kayu
-        Pipa U
I
II.                LANGKAH KEGIATAN 
Siswa melakukan eksperimen mengenai sifat–sifat zat cair dalam suatu bejana berhubungan.
a.      Motivasi
1.      Apa yang dilakukan seorang tukang untuk memasang lantai sehingga menjadi rata. Bagaimana caranya?
2.      Bagaimana air PDAM sampai ke rumah kita? 
3.      Prinsip–prinsip Fisika apa yang terkandung dari kedua  peristiwa tersebut di atas?  
b.     Pengumpulan Data Eksperimen
Untuk memecahkan dan menemukan jawabannya terlebih dahulu kamu harus melakukan percobaanya dan mengamati gejala/peristiwa yang terjadi.
c.      Kegiatan 1
1)     Apa yang akan terjadi jika ujung selang B ditutup dengan sebuah karet penutup atau tangan dan kemudian air dimasukkan melalui corong pada ujung A ?
.........................................................................................
2)     Bagaimana dengan keadaan airnya ?                                       Gambar 1
..............................................................................................................................
3)     Jika tutup karet pada lubang B dibuka, apa yang akan terjadi ?
..............................................................................................................................
Air mengalir dari .............................. ke .................................
4)     Bagaimana keadaan permukaan airnya ?
..............................................................................................................................
5)     Pada saat kapan air tidak mengalir lagi ?
..............................................................................................................................
d.     Kegiatan 2
6)     bejanaa%20berhubunganIsilah sebuah bejana berhubungan dengan air. Bila air sudah diam perhatikan  bagaimana keadaan permukaannya pada seluruh bejana. 

bejanaa%20berhubungan     A                    B                   C                                A                  B               C


 

                       
                           Gambar 2                                                Gambar 3
7)     Bagaimanakah keadaan permukaan air pada bejana A, B, dan C pada gambar 2?
..............................................................................................................................
8)     Ukurlah ketinggian permukaan air masing–masing bejana pada gambar 2 dari alas dasarnya (meja)!
No.
Ketinggian permukaan air  A (h1) cm
Ketinggian permukaan air  B (h2) cm
Ketinggian permukaan air  C (h3) cm
1.
....................
....................
....................
9)     Jika gambar 2 dirubah menjadi gambar 2 peristiwa apa yang akan terjadi?
..............................................................................................................................
10)Ukurlah ketinggian permukaan air masing–masing bejana pada gambar 3 dari alas dasarnya (meja)!
No.
Ketinggian permukaan air  A (h1) cm
Ketinggian permukaan air  B (h2) cm
Ketinggian permukaan air  C (h3) cm
1.
....................
....................
....................
11)Bagaimanakah keadaan ketinggian permukaan air pada gambar 2 dan 3?
..............................................................................................................................
12)Isilah pipa U dengan air. Setelah itu masukan sejumlah minyak pada salah satu lubang pipa U. Bandingkan keadaan permukaan air antara sebelum dimasukkan minyak dengan setelah dimasukan minyak.
13)Keadaan permukaan air sebelum  dimasukkan minyak .........................................
14)Keadaan permukaan air setelah dimasukkan minyak ..............................................
15)Ukurlah tinggi minyak dari garis setimbang (batas antara minyak dengan air) kemudian tariklah secara horizontal sampai menyentuh ujung pipa lainnya.
Ketinggian minyak (h1) = .................. cm.
Ketinggian air         (h2) = .................. cm.                                                             


Gambar 4
16)Ketinggian cairan yang paling tinggi adalah .........................................................
III.             MERUMUSKAN PENJELASAN
a.       Berdasarkan langkah kegiatan 1)  kenapa air tidak mengalir ke selang bagian B?    .................................................................................................................................
b.      Berdasarkan langkah kegiatan 3)  Kenapa air mengalir ke selang bagian B? ................................................................................................................................
c.       Berdasarkan langkah kegiatan 6)   Kenapa air tidak mengalir lagi ?
.................................................................................................................................
d.      Tekanan yang diberikan minyak ................ dengan tekanan yang diberikan air.
e.       Yang membedakan perbedaan ketinggian pada kedua cairan adalah
.................................................................................................................................
IV.       KESIMPULAN
Diperolehlah data–data eksperimen seperti di atas. Berdasarkan data–data dan pertanyaan yang telah dijawab maka saya simpulkan bahwa :
a.       Bejana berhubungan adalah...................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................
b.      Sifat zat cair yang berada dalam bejana berhubungan adalah :   ..............................................................................................................................................................................
c.       Air tidak akan mengalir lagi jika ..........................................................................
  1. Apabila dua buah ................. berbeda dimasukkan ke dalam pipa berhubungan maka ketinggian kedua zat cair itu akan .................. pula. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ........................... walaupun .........................nya sama.
  2. Berdasarkan gambar 4. Jika massa jenis air adalah 1000 kg/m3. Berapakah massa jenis dari minyak kelapa yang digunakan?
..............................................................................................................................................................................
  1. Alat–alat atau peristiwa dalam kehidupan sehari–hari yang memanfaatkan prinsip bejana berhubungan adalah :..................................................................................................................
            ..............................................................................................................................................................................
  1. Dengan demikian prinsip ............................ digunakan oleh tukang pada saat  memasang ubin/lantai dan perusahaan PDAM.


****Good Luck****


Tidak ada komentar: